Minggu, 02 September 2012

Sejarah Perpustakaan


v Kata Pengantar


Dengan memanjatkan puji syukur atas kehadirat Allah SWT. Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan Rahmat dan HidayahNya, sehingga kami dapat menyelesaikan karya tulis ilmiah ini yang berjudul “Sejarah Perpustakaan” .
Walaupun penulis telah berupaya untuk memaksimalkan hasil karya tulis ilmiah ini, namun penulis menyadari jika penelitian ini masih jauh dari yang diharapkan. Hal ini dikarenakan kemampuan penulis yang masih terbatas. Oleh karena itu, saran dan kritik yang bersifat membangun sangat diharapkan demi kesempurnaan karya tulis ilmiah ini.





PENULIS














v Daftar Isi


Latar Belakang …………….1
Perumusan Masalah ……...2
Manfaat dan Tujuan ……….2
Isi ……………………………3
Kesimpulan …………………7































v Latar Belakang


Sebagaimana kita ketahui jika perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada saat ini telah membawa manusia pada tingkat pengetahuan yang semakin tinggi. Dalam perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, social-budaya, ekonomi, serta ilmu pendidikan lainnya, perpustakaan tetap berperan penting dalam perkembangan tersebut. Dengan adanya perpustakaan, kita dapat mempelajari semua bidang ilmu pengetahuan yang bersifat nasional maupun yang bersifat internasional. Sejarah telah membuktikan bahwa dengan memanfaatkan perpustakaan yang sebaik-baiknya, telah banyak melahirkan pemikir-pemikir yang handal dengan banyak pengetahuan yang dimiliki karena telah memanfaatkan perpustakaan.
Untuk itu, jika kita ingin memiliki ilmu pengetahuan dan wawasan yang sangat luas serta berguna bagi masa depan, maka kita harus pandai dalam memanfaatkan dan membaca buku-buku atau ilmu pengetahuan yang ada di perpustakaan dengan sebaik-baiknya. Dikarenakan perpustakaan adalah gudangnya ilmu pengetahuan yang sangat berguna bagi semua orang.



v Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang tersebut, maka dapat dibuat rumusan masalah-masalah sebagai berikut ;
1.   Bagaimana tanggapan masyarakat terhadap kemajuan perpustakaan khususnya di Kota Jambi  ?

2.   Pentingnya perpustakaan bagi para pelajar khususnya di Kota Jambi !



v Manfaat dan Tujuan

Ø Tujuan Penelitian
1.   Untuk mengetahui bagaimana sejarah perpustakaan di Kota Jambi,
2.   Untuk mengetahui sejauh mana tanggapan anak-anak muda zaman sekarang tentang perpustakaan,
3.   Untuk mengetahui pandangan masyarakat terhadap perpustakaan yang ada khususnya di Kota Jambi.
                                               

Manfaat Penelitian
1.   Bagi pembaca
·        Memberikan masukan bagi pembaca dan sebagai referensi bagi peneliti lainnya agar lebih sering membaca di perpustakaan.
2.   Bagi Penulis
·        Untuk mengembangkan ilmu pengetahuan sejarah,
·        Untuk mendapatkan pengetahuan dan pengalaman.


v Isi

Sejarah Perpustakaan

Sejarah perpustakaan Indonesia tergolong masih muda dibandingkan dengan eropa dan arab. Di Indonesia, sejarah di awali dengan adanya tulisan, maka sejarah dapat dimulai pada tahun 400-an yaitu pada saat ditemukannya huruf-huruf pallawa pada periode Kerajaan Kutai. Pada sekitar tahun 639M di pulau jawa pada masa Kerajaan Mataram.



Sebagai contoh, perpustakaan yang terdapat di Kota Jambi. Perpustakaan ini sudah ada sejak tahun 1897. Namun keberadaannya saat ini belum begitu maksimal dimanfaatkan oleh masyarakat luas khususnya para pelajar yang ada di Kota Jambi dibandingkan dengan kota-kota lain, dimana  siswa-siswanya begitu antusias dan semangatnya memanfaatkan perpustakaan dengan membaca buku-buku yang terdapat di perpustakaan tersebut. Sehingga dengan adanya perpustakaan tersebut, dapat sangat membantu masyarakat maupun pelajar dalam memperoleh ilmu.

Pada saat ini, masyarakat kurang memahami arti pentingnya perpustakaan. Masyarakat saat ini lebih menyukai memanfaatkan waktu mereka untuk melakukan kegiatan yang tidak berguna. Padahal dengan memanfaatkan perpustakaan, kita dapat memperoleh ilmu pengetahuan selain mendapatkan ilmu pengetahuan dari guru di sekolah. Menurut hasil pengamatan, kemajuan perpustakaan khususnya di Kota Jambi pada saat ini menurun, karena masyarakat pada saat ini lebih suka memanfaatkan waktu mereka untuk pergi ke Warung Internet atau sering disebut juga Warnet. Mereka beranggapan bahwa dengan pergi ke Warnet bisa membuat pikiran mereka tenang. Padahal menurut para ahli, jika terlalu sering pergi ke Warnet dapat menyebabkan otak tidak dapat berfikir secara optimal. Para ahli juga beranggapan, jika dengan pergi ke perpustakaan dan membaca buku-buku yang terdapat di perpustakaan dapat membuat otak manusia menjadi lebih optimal dalam mendapatkan ilmu dibandingkan dengan pergi ke Warnet. Dengan pergi ke perpustakaan, banyak keuntungan yang didapatkan, seperti mendapatkan informasi atau ilmu pengetahuan.
Adanya perpustakaan di suatu daerah khususnya di Kota Jambi juga kurang dimanfaatkan oleh para pelajar. Padahal, perpustakaan sangat membantu para pelajar atau siswa sekolah untuk mendapatkan ilmu pengetahuan selain dari sekolah. Pentingnya perpustakaan bagi siswa atau pelajar adalah dapat membantu siswa atau pelajar untuk mendapatkan ilmu pengetahuan atau informasi yang tidak mereka dapatkan di sekolah. Perpustakaan juga dapat membantu siswa dalam membuat tugas yang diberikan oleh guru di sekolah kepada siswa. Karena di perpustakaan terdapat banyak pengetahuan yang sangat berguna untuk masyarakat luas, khususnya para pelajar atau siswa sekolah. Selain perpustakaan yang ada di luar sekolah, para pelajar juga dapat memanfaatkan perpustakaan yang ada di sekolah.


 

Sebagai contoh, perpustakaan Mancandikiyah yang didirikan oleh Alm. Kyai Abdul Salam. Beliau adalah orang yang mendirikan perpustakaan di sekolah itu dengan jerih payahnya sendiri. Tujuannya membuat perpustakaan tersebut adalah agar anak-cucunya dapat memanfaatkan perpustakaan itu dengan sebaik-baiknya dan supaya anak-cucunya tidak menjadi bodoh seperti dirinya.



v Kesimpulan

Berdasrkan hasil penelitian, dapat disimpulkan  jika tanggapan masyarakat tehadap perpustakaan yang ada saat ini adalah kurang memanfaatkan perpustakaan dan lebih suka pergi ke Warnet atau melakukan kegiatan yang tidak perlu.
Perpustakaan juga berperan penting bagi pelajar atau siswa sekolah, khususnya masyarakat luas. Perpustakaan yang ada dapat berperan sebagai sumbe untuk mendapatkan ilmu yang belum diketahui. Jadi, perpustakaan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk memperoleh ilmu yang bermanfaat untuk masa depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar