Minggu, 07 Mei 2017

"Inovasi Teknologi Untuk Kedaulatan Energi"


Indonesia adalah negara kepulauan. Negara yang terdiri dari banyak pulau - pulau yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia. Dari sabang sampai merauke memiliki beragam kebudayaan serta potensi alam tersendiri. Membuat indonesia kaya akan Sumber Daya Alamnya.

Seiring perkembangan zaman dan majunya teknologi saat ini menjadikan kebutuhan energi meningkat dan sudah sepantasnya potensi energi yang ada di seluruh penjuru negeri dimanfaatkan dengan sebaik - baiknya. Hal ini bertujuan untuk menjadikan negeri yang lebih makmur dan sejahtera akan energi yang dimiliki saat ini. Apa jadinya bila potensi energi yang kita miliki di salah gunakan ? Atau bahkan dimanfaatkan oleh orang non - pribumi ? Maka pasti Indonesia akan semakin jauh tertinggal sebagai negara yang berkembang dan sulit untuk mencapai kata makmur dan sejahtera.
Atas dasar itulah kita membutuhkan sebuah inovasi teknologi yang dapat digunakan untuk membangun dan memanfaatkan energi yang indonesia miliki sebagai suatu sumber kebutuhan bagi masyarakat indonesia sendiri guna memakmurkan dan mensejahterakan kehidupan masyarakat saat ini.
Energi yang dimiliki bangsa Indonesia sangat beragam. Mulai dari energi surya, air, angin dan bahkan energi dari sisa limbah / sampah sekalipun. Dengan adanya sumber energi inilah kita sebagai bangsa Indonesia harusnya bisa lebih bijak dan cerdas dalam memanfaatkan energi yang ada saat ini. Diharapkan dengan banyaknya teknologi yang berkembang saat ini dapat di jadikan sebagai suatu sarana untuk memajukan pemanfaatan energi di indonesia sebagai suatu kebutuhan untuk menenuhi kebutuhan energi di Indonesia. Apalagi bila Indonesia lebih bisa mandiri dalam mengolahnya.
Bentuk negara Indonesia yang terdiri banyak pulau - pulau, menjadikan Indonesia sulit untuk berkembang. Hal ini harus di dukung oleh pemerintah dan para ahli energi untuk dapat memaksimalkan pemanfaatan energi yang ada. Harapannya agar semua lapisan masyarakat dapat berperan penting dalam terwujudnya Indonesia yang baik dalam segi energinya.
Di indonesia sendiri banyak sumber energi yang belum termanfaatkan, misalnya energi terbarukan baik itu energi air, angin, surya dan bahkan energi daur ulang sampah. Hal ini yang menjadi patokan bagi pemerintah untuk memajukan kebutuhan energi di Indonesia dengan menggunakan inovasi teknologi yang ada melalui energi terbarukan. Karena kita tahu bahwa energi fosil yang kita gunakan saat ini pasti akan habis. Sedang energi terbarukan dari alam akan terus ada selama kelestarian alam terus di jaga.
Saat ini banyak inovasi teknologi yang berhubungan dengan energi terbarukan terus dikembangkan. Mulai dari panel surya berbentuk kaca rumah, sampai perangkat elektronik yang memanfaatkan energi terbarukan menjadikan energi terbarukan tidak lagi dipandang sebelah mata. Nyatanya energi terbarukan dapat membantu kebutuhan energi saat ini. Hanya saja pakar dan teknologi yang digunakan tidaklah sebanding dengan sumber energi yang ada di Indonesia saat ini.

Indonesia sangat membutuhkan para ahli energi dan teknologi untuk dapat membantu pemerintah dalam mewujudkan Indonesia yang lebih baik dalam bidang energi. Dengan kata lain, kita butuh orang - orang yang mau bergabung dalam tugas mulia ini untuk ikut memajukan bangsa kita sendiri. Dengan begitu, Indonesia bukan hanya negara yang ingin instan saja. Tetapi turut membangun negeri dengan keahlian yang dimiliki. Semoga dengan adanya inovasi teknologi saat ini bangsa Indonesia lebih maju dalam bidang energinya dan masyarakat dapat menikmati hasil jerih payah bersama untuk Indonesia yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar